Wednesday 2 January 2013

Menjaga Hati

Bismillah...

Teman2, terkadang kita kecewa terhadap seseorang atau suatu kelompok. Hal ini bisa diakibatkan karena 2 hal yaitu kita berekspektasi tinggi terhadap orang tersebut atau kita belum mengenal orang itu sepenuhnya. Teringat percakapan whatsapp saya dengan seorang kawan saya yang saya anggap 'wah' banget pada awalnya karena hapalan Qur'annya yang sudah banyak. Tetapi dia mengingatkan pada saya bahwa kita semua manusia tempatnya berbuat salah, jangan berekspektasi tinggi terhadap dirinya juga. Percakapan itu memberi pelajaran untuk saya untuk tidak memandang terlalu tinggi terhadap seseorang karena hanya Allah Yang Mahasempurna tetapi jangan pula merendahkan orang lain karena itu perilaku sombong. Cara terbaik memandang orang yaitu dengan meneladani segala kebaikannya yang Allah ridhai dan tidak mencontoh keburukannya :)

"Yaa muqollibal quluuub, tsabbit quluubanna 'aladdiinik"
Ya Allah yang Maha Membolakbalikan Hati, tetapkanlah hatiku pada agamamu

Saya memanjatkan do'a ini setiap selesai shalat, karena tak kan ada yang tahu akhir hidup kita kelak seperti apa. Apakah akan beramal ahli neraka atau beramal ahli surga di akhir hayat kita?
Faghfirlii...

No comments:

Post a Comment